Membuat Object Dengan Java NetBeans [ Tenk Baja ]




Bertemu lagi ,Der...!!
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dengan membagikan code seputar pemrograman java object , kali ini saya menggunakan platform Java NetBeans IDE 8.1 jika belum punya alangkah baiknya untuk menginstall terlebih dahulu ,der....!!
silahkan download melalui website reminya : https://netbeans.org/

Maaf ,Der...!! saat ini saya tidak membahas cara menginstall NetBeans nya ,lain kali bila ada waktu saya share di sini .
Langsung aja deh topik utamanya untuk Membuat Object Dengan Java NetBeans [ Tenk Baja ]
Langkah-langkahnya :
  1. Buatlah project baru ,misal : Latihan
  2. Buatlah 2 Java Class ( beri nama Canvas.class dan MainPanel.class ).

Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam Canvas.class -nya .
  1. package Latihan;
  2. import java.awt.geom.GeneralPath;
  3. import javax.swing.JFrame;
  4. /**
  5. *
  6. * @author RIFQI
  7. */
  8. public class Canvas {
  9. /**
  10. * @param args the command line arguments
  11. */
  12. public static void main(String[] args) {
  13. // TODO code application logic here
  14. JFrame frame = new JFrame();
  15. frame.setTitle("Aplikasi Komputer Grafik Pertama Saya :");
  16. frame.setLocationRelativeTo(frame);
  17. frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
  18. MainPanel panel = new MainPanel();
  19. frame.getContentPane().add(panel);
  20. frame.pack();
  21. frame.setVisible(true);
  22. GeneralPath p = new GeneralPath(GeneralPath.WIND_NON_ZERO);
  23. p.moveTo(100. f, 0);
  24. }
  25. }

 Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam MainPanel.class -nya .
  1. package Latihan;
  2. import java.awt.Color;
  3. import java.awt.Dimension;
  4. import java.awt.Graphics;
  5. import java.awt.Graphics2D;
  6. import java.awt.Polygon;
  7. import javax.swing.JPanel;
  8. /**
  9. *
  10. * @author RIFQI
  11. */
  12. public class MainPanel extends JPanel {
  13. public MainPanel() {
  14. this.setPreferredSize(new Dimension(400, 400));
  15. this.setBackground(Color.WHITE);
  16. }
  17. @Override
  18. public void paintComponent(Graphics g) {
  19. super.paintComponent(g);
  20. Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
  21. Graphics2D g3 = (Graphics2D) g;
  22. g.drawRoundRect(300, 300, 500, 100, 90, 90);
  23. g.setColor(Color.GREEN);
  24. g.fillRoundRect(300, 300, 500, 100, 90, 90);
  25. g2.setColor(Color.BLACK);
  26. for (int i = 0; i <= 300; i = i + 75)
  27. g.fillOval(350 + i, 325, 50, 50);
  28. Polygon panah = new Polygon();
  29. panah.addPoint(350, 300);
  30. panah.addPoint(370, 250);
  31. panah.addPoint(420, 250);
  32. panah.addPoint(420, 220);
  33. panah.addPoint(440, 220);
  34. panah.addPoint(440, 120);
  35. panah.addPoint(410, 100);
  36. panah.addPoint(440, 80);
  37. panah.addPoint(450, 80);
  38. panah.addPoint(450, 220);
  39. panah.addPoint(490, 220);
  40. panah.addPoint(490, 250);
  41. panah.addPoint(530, 250);
  42. panah.addPoint(540, 270);
  43. panah.addPoint(840, 270);
  44. panah.addPoint(840, 290);
  45. panah.addPoint(570, 290);
  46. panah.addPoint(570, 300);
  47. g2.draw(panah);
  48. g2.fill(panah);
  49. }
  50. }


Selesai .
Selanjutnya tinggal di running aja , misal dengan SHIFT + F6

Good Luck ,Der !
Happy Code, Yaa..... !!

Note: Only a member of this blog may post a comment.