Membuat Object Dengan Java NetBeans [ Tenk Baja ]




Bertemu lagi ,Der...!!
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dengan membagikan code seputar pemrograman java object , kali ini saya menggunakan platform Java NetBeans IDE 8.1 jika belum punya alangkah baiknya untuk menginstall terlebih dahulu ,der....!!
silahkan download melalui website reminya : https://netbeans.org/

Maaf ,Der...!! saat ini saya tidak membahas cara menginstall NetBeans nya ,lain kali bila ada waktu saya share di sini .
Langsung aja deh topik utamanya untuk Membuat Object Dengan Java NetBeans [ Tenk Baja ]
Langkah-langkahnya :
  1. Buatlah project baru ,misal : Latihan
  2. Buatlah 2 Java Class ( beri nama Canvas.class dan MainPanel.class ).

Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam Canvas.class -nya .
	package Latihan;

import java.awt.geom.GeneralPath;
import javax.swing.JFrame;
/**
 *
 * @author RIFQI
 */
public class Canvas {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        JFrame frame = new JFrame();
        frame.setTitle("Aplikasi Komputer Grafik Pertama Saya :");
        frame.setLocationRelativeTo(frame);
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        MainPanel panel = new MainPanel();
        frame.getContentPane().add(panel);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);

        GeneralPath p = new GeneralPath(GeneralPath.WIND_NON_ZERO);
        p.moveTo(100. f, 0);
    }
}
	

 Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam MainPanel.class -nya .
	package Latihan;

import java.awt.Color;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Polygon;
import javax.swing.JPanel;

/**
 *
 * @author RIFQI
 */
public class MainPanel extends JPanel {
    public MainPanel() {
        this.setPreferredSize(new Dimension(400, 400));
        this.setBackground(Color.WHITE);
    }
    @Override
    public void paintComponent(Graphics g) {
        super.paintComponent(g);
        Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
        Graphics2D g3 = (Graphics2D) g;

        g.drawRoundRect(300, 300, 500, 100, 90, 90);
        g.setColor(Color.GREEN);
        g.fillRoundRect(300, 300, 500, 100, 90, 90);
        g2.setColor(Color.BLACK);
        for (int i = 0; i <= 300; i = i + 75)
            g.fillOval(350 + i, 325, 50, 50);

        Polygon panah = new Polygon();
        panah.addPoint(350, 300);
        panah.addPoint(370, 250);
        panah.addPoint(420, 250);
        panah.addPoint(420, 220);
        panah.addPoint(440, 220);
        panah.addPoint(440, 120);
        panah.addPoint(410, 100);
        panah.addPoint(440, 80);
        panah.addPoint(450, 80);
        panah.addPoint(450, 220);
        panah.addPoint(490, 220);
        panah.addPoint(490, 250);
        panah.addPoint(530, 250);
        panah.addPoint(540, 270);
        panah.addPoint(840, 270);
        panah.addPoint(840, 290);
        panah.addPoint(570, 290);
        panah.addPoint(570, 300);
        g2.draw(panah);
        g2.fill(panah);
    }
}
    


Selesai .
Selanjutnya tinggal di running aja , misal dengan SHIFT + F6

Good Luck ,Der !
Happy Code, Yaa..... !!

Note: Only a member of this blog may post a comment.