Membuat Object Dengan Java NetBeans [Bintang]

Java NetBeans


Bertemu lagi ,Der...!!
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dengan membagikan code seputar pemrograman java object ,kali ini saya menggunakan platform Java NetBeans IDE 8.1 jika belum punya alangkah baiknya untuk menginstall terlebih dahulu ,der....!!
silahkan download melalui website reminya : https://netbeans.org/

Maaf ,Der...!! saat ini saya tidak membahas cara menginstall NetBeans nya ,lain kali bila ada waktu saya share di sini .

Langsung aja deh topik utamanya untuk Membuat Object Dengan Java NetBeans [Bintang]
Langkah-langkahnya :
  1. Buatlah project baru ,misal : Latihan
  2. Buatlah 2 Java Class ( beri nama Canvas.class dan MainPanel.class ) .
Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam Canvas.class -nya .
  1. package Latihan;
  2. import java.awt.geom.GeneralPath;
  3. import javax.swing.JFrame;
  4. /**
  5. * @author RIFQI
  6. **/
  7. public class Canvas {
  8. /**
  9. * @param args the command line arguments
  10. **/
  11. public static void main(String[] args) {
  12. // TODO code application logic here
  13. JFrame frame = new JFrame();
  14. frame.setTitle("Belajar Object Java :");
  15. frame.setLocationRelativeTo(frame);
  16. frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
  17. MainPanel panel = new MainPanel();
  18. frame.getContentPane().add(panel);
  19. frame.pack();
  20. frame.setVisible(true);
  21. GeneralPath p = new GeneralPath(GeneralPath.WIND_NON_ZERO);
  22. p.moveTo(100. f, 0);
  23. }
  24. }

Langkah selanjutnya copy source code dibawah ini ,dan paste-kan di dalam MainPanel.class -nya .

  1. package Latihan;
  2. import java.awt.Color;
  3. import java.awt.Dimension;
  4. import java.awt.Graphics;
  5. import java.awt.Graphics2D;
  6. import javax.swing.JPanel;
  7. /**
  8. *
  9. * @author RIFQI
  10. **/
  11. public class MainPanel extends JPanel {
  12. public MainPanel() {
  13. this.setPreferredSize(new Dimension(400, 400));
  14. this.setBackground(Color.WHITE);
  15. }
  16. @Override
  17. public void paintComponent(Graphics g) {
  18. super.paintComponent(g);
  19. Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
  20. //Segitiga 1
  21. int[] x1 = {
  22. 240,
  23. 300,
  24. 360
  25. };
  26. int[] y1 = {
  27. 200,
  28. 20,
  29. 200
  30. };
  31. g.setColor(new Color(255, 242, 0));
  32. g.fillPolygon(x1, y1, 3);
  33. //Segitiga 2
  34. int[] x2 = {
  35. 30,
  36. 300,
  37. 570
  38. };
  39. int[] y2 = {
  40. 200,
  41. 390,
  42. 200
  43. };
  44. g.setColor(new Color(255, 242, 0));
  45. g.fillPolygon(x2, y2, 3);
  46. //Segitiga 3
  47. int[] x3 = {
  48. 130,
  49. 190,
  50. 300
  51. };
  52. int[] y3 = {
  53. 490,
  54. 310,
  55. 390
  56. };
  57. g.setColor(new Color(255, 242, 0));
  58. g.fillPolygon(x3, y3, 3);
  59. //Segitiga 4
  60. int[] x4 = {
  61. 300,
  62. 410,
  63. 470
  64. };
  65. int[] y4 = {
  66. 390,
  67. 310,
  68. 490
  69. };
  70. g.setColor(new Color(255, 242, 0));
  71. g.fillPolygon(x4, y4, 3);
  72. }
  73. }

Selesai.
Selanjutnya tinggal di running aja . Misal dengan SHIFT + F6

Good Luck,Der...!!

Happy Code,ya...... :)


Note: Only a member of this blog may post a comment.