Membuat Object Dengan Java NetBeans [ Boneka ]



Bertemu lagi ,Der...!!
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dengan membagikan code seputar pemrograman java object ,kali ini saya menggunakan platform Java NetBeans IDE 8.1 jika belum punya alangkah baiknya untuk menginstall terlebih dahulu ,der....!!
silahkan download melalui website reminya : https://netbeans.org/

Maaf ,Der...!! saat ini saya tidak membahas cara menginstall NetBeans nya ,lain kali bila ada waktu saya share di sini .

Langsung aja deh topik utamanya untuk Membuat Object Dengan Java NetBeans [Boneka]
Langkah-langkahnya :
  1. Buatlah project baru ,misal : Latihan
  2. Buatlah 2 Java Class ( beri nama Canvas.class dan MainPanel.class ) .

Source Code


Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam Canvas.class -nya .
  1. package Latihan;
  2. import java.awt.geom.GeneralPath;
  3. import javax.swing.JFrame;
  4. /**
  5. *
  6. * @author RIFQI
  7. **/
  8. public class Canvas {
  9. /**
  10. * @param args the command line arguments
  11. */
  12. public static void main(String[] args) {
  13. // TODO code application logic here
  14. JFrame frame = new JFrame();
  15. frame.setTitle("Belajar Object Java :");
  16. frame.setLocationRelativeTo(frame);
  17. frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
  18. MainPanel panel = new MainPanel();
  19. frame.getContentPane().add(panel);
  20. frame.pack();
  21. frame.setVisible(true);
  22. GeneralPath p = new GeneralPath(GeneralPath.WIND_NON_ZERO);
  23. p.moveTo(100. f, 0);
  24. }
  25. }


 Selanjutnta copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam MainPanel.class -nya .
  1. package Latihan;
  2. import java.awt.Color;
  3. import java.awt.Dimension;
  4. import java.awt.Graphics;
  5. import java.awt.Graphics2D;
  6. import javax.swing.JPanel;
  7. /**
  8. *
  9. * @author RIFQI
  10. */
  11. public class MainPanel extends JPanel {
  12. public MainPanel() {
  13. this.setPreferredSize(new Dimension(400, 400));
  14. this.setBackground(Color.WHITE);
  15. }
  16. @Override
  17. public void paintComponent(Graphics g) {
  18. super.paintComponent(g);
  19. Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
  20. //Kepala
  21. g.setColor(Color.GREEN);
  22. g.fillOval(150, 100, 300, 220);
  23. //Telinga
  24. g.setColor(Color.BLUE);
  25. g.fillOval(120, 155, 35, 90);
  26. g.fillOval(445, 155, 35, 90);
  27. //Mata
  28. g.setColor(Color.WHITE);
  29. g.fillOval(210, 125, 50, 50);
  30. g.fillOval(350, 125, 50, 50);
  31. g.setColor(Color.BLACK);
  32. g.fillOval(225, 145, 20, 30);
  33. g.fillOval(365, 145, 20, 30);
  34. //Mulut
  35. g.setColor(Color.ORANGE);
  36. g.fillOval(230, 260, 150, 30);
  37. //Badan
  38. g.setColor(Color.ORANGE);
  39. g.fillRoundRect(230, 315, 140, 100, 40, 40);
  40. //Tangan dan Kaki
  41. g.setColor(Color.DARK_GRAY);
  42. g.fillOval(165, 325, 70, 20);
  43. g.fillOval(365, 325, 70, 20);
  44. g.fillOval(260, 410, 20, 70);
  45. g.fillOval(320, 410, 20, 70);
  46. g.fillOval(260, 465, 50, 20);
  47. g.fillOval(320, 465, 50, 20);
  48. //Topi
  49. g.setColor(Color.PINK);
  50. g.fillArc(205, 35, 180, 140, 190, -200);
  51. g.setColor(Color.RED);
  52. g.fillArc(150, 80, 290, 60, 210, -240);
  53. //Hidung
  54. g.setColor(Color.RED);
  55. g.fillArc(250, 145, 120, 80, 290, -45);
  56. }
  57. }

Selesai.
Selanjutnya tinggal di running aja . Misal dengan SHIFT + F6

Good Luck,Der...!!

Happy Code,ya...... :)

Note: Only a member of this blog may post a comment.